Sabtu, 02 Juli 2011

Perkemah Wisata di Youth Center Mlati Sleman

Siswa dan siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Dlingo mengadakan kemah di Youth Center Mlati Sleman pada tanggal 25 s/d 27 Juni 2011. Pemberangkatan pada hari Sabtu 25 Juni di halaman upacara SMP N 1 Dlingo oleh Kepala sekolah Murjito,S.Pd. pesan yang disampaikan Kepala sekolah kepada siswa-siswi peserta kemah adalah :
1. dalam mengikuti kegiatan perkemahan harus tanggung jawab baik pribadi maupun instansi
2. mentaati segala peraturan di lokasi perkemahan baik yak sudah digariskan oleh pengelola lokasi
maupaun kakak pembina.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam perkemahan terseput meliputi :
  • UPACARA PEMBUKAAN
Pembukaan perkemahan di buka Oleh Kamabigus Bpk. Murjito S.Pd
memberikan pesan kepada para peserta agar dalam kegiatan ini anak dapat menjaga kesopanan, ketertipan dan kedisiplinan, agar dapat mengambil apa yang telaah didapat .

  • PENDIRIAN TENDA
Setelah Upacara pembukaan, para siswa segera mendirikan tenda yang sudah siberikan patok-patok dengan diberikan nomor untuk diundi. pendirian tenda oleh para siswa lumayan bagus karena dihiasi dengan berbagai macam hiasan, ada yang memasang gapura, pagar dll.
  • Sholat Magrib
kegiatan sholat magrib adalah meningkatkan iman dan taqwa pada siswa, dengan dipimpin oleh bapak Suripto kemudian dilanjutkan baca alquran.

  • KEGIATAN I
Kegiatan ini dilaksanakan pada malam hari yang meliputi : Teks Pram, Pengetahuan Budaya, Keagamaan, Te penglihatan, Tes Peraba dan pesan berantai

  • SENAM PAGI
Sehabis Sholat Subuh para siswa melakukan senam kesegaran jasmani yang dipimpin pabak Bambang Hidayat. senam tersebut diikuti semua siswa.
  • Kegiatan II
meliputi : membawa gelas yang diisi air denga sarung, tarik tambang dan mencari jejak

  • Kegiatan III
Lintas tali, tangga bergoyang, melewati ketel, merayap dalam lumpur

  • API UNGGUN
acara ini adalah yang ditunggu tunggu oleh siswa yang dilaksanakan dengan hikmat yang setelah itu di lanjutkan hiburan, ada yang dagelan, menari, gerka dan lagu, karaoke dan lainnya.

  • ZIARAH KE MAKAM DR.WAHIDIN SUDIROHUSODO

Dr. Wahidin Sudirohusodo.
Beliau dilahirkan di desa Mlati, Yogyakarta, pada tanggal 7 Januari 1852. beliau menamatkan pendidikan di sekolah dasar di Yogyakarta, setelah itu melanjutkan ke Europeesche Lagere School juga di Yogyakarta. Setelah lulus, beliau pun melanjutkan ke Sekolah Dokter Jawa di Jakarta. Beliau ini sangat senang bergaul dengan rakyat biasa. Sehinggga mengetahui banyak penderitaan rakyat. Beliau juga sangat menyadari bagaimana terbelakang dan.tertindasnya rakyat akibat penjajahan Belanda. Menurutnya, salah satu cara untuk membebaskan diri dari penjajahan, rakyat harus cerdas. Kemudian, beliau mengunjungi para pelajar STOVIA. Kepada para pelajar sekolah dokter itu, beliau mengemukakan gagasannya dan menganjurkan agar para pelajar itu mendirikan organisasi yang bertujuan untuk memajukan pendidikan dan meninggikan martabat dan derajat bangsa Indonesia. Ide dan gagasan ini disambut baik para pelajar STOVIA itu. Mereka juga sependapat dan menyadari bagaimana tertindasnya nasib rakyat Indonesia pada waktu itu. Maka pada tanggal 20 Mei 1908, Sutomo dan kawan-kawannya mendirikan sebuah organisasi yang diberi nama Budi Utomo. Inilah organisasi modern pertama yang lahir di Indonesia. Kendati ia tidak termasuk pendiri Budi Utomo (20 Mei 1908), namanya selalu dikaitkan dengan organisasi kebangkitan nasional itu. Sebab, sesungguhnya dialah penggagas berdirinya organisasi yang didirikan para pelajar STOVIA Jakarta. Sekarang setiap tanggl 20 Mei, diperingati sebagai hari kebangkitan nasional.




0 komentar: